Wednesday 9 November 2016

PADA (NG) WANYI = SUNGAI RIAM

Di era tahun 1980an masih sering kita dengar orang menyebut nama sebuah kampung dengan sebutan kampung PADA WANYI. Kampung ini terletak di sebelah selatan kota Pelaihari, sekarang lebih dikenal dengan sebutan Sungai Riam. Sekarang masih ada sebagian orang-orang tua yang atau kakek nenek kita yang menyebut sungai riam dengan kampung Pada Wanyi.

Istilah padang Wanyi ini muncul ada dua versi menurut cerita orang tua dulu, ada yang cerita yang terkait dengan nama hutan yang lebat, ada pula yang berkaitan dengan nama sebuah buah. Beberapa ratus tahun yang lalu, pada wanyi atau Sungai Riam adalah sebuah hutan ulin yang sangat lebat, karena sangat lebatnya hutan ulin tersebut sehingga digambarkan seperti seperti kerumunan lebah (wanyi dlm bhs banjar), sehingga masyarakat menyebut hutan tersebut dengan sebutan hutan padang wanyi.

Sedangkan versi lain menyebutkan bahwa pada zaman dahulu dihutan tersebut banyak pohon buah wanyi, Buah wanyi ini adalah satu buah-buahan asli hutan Kalimantan, selain buah kasturi atau buah lai. Buah ini bentuknya sekilas seperti buah kedondong atau buah mangga pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah warna dari daging buah wanyi itu sendiri. daging buah wanyi memiliki warna putih dan ditengahnya terdapat biji yang cukup besar berwarna orange. buah ini sendiri memiliki rasa yang manis keasam-asaman dan ciri khas dari buah ini adalah memiliki bau yang sangat tajam, dan apabila kena getah pohonnya, efeknya akan menimbulkan gatal-gatal. Tetapi sekarang buah ini sangat sulit didapatkan.

Dari dua versi cerita tersebut yang menjadi latarbelakang penyebutan kampung tersebut disebut sebagai kampong padang Wanyi, tetapi karena pengucapan logat banjar yang cepat sehingga terdengar seperti PADA WANYI, maka muncullah istilah PADA WANYI.

Oleh Hindia Belanda secara administrative penyebutan kampung Padang Wanyi ini sudah dikenal pada ratusan tahun yang lalu, sebutan Padang Wanyi dapat ditemukan pada peta lama Hindia Belanda yaitu peta De Kleine dan Atlas Der Geheele Nederlands Indie.

Perubahan nama kampong pada (ng) wanyi terjadi di era tahun 1958 – 1960an sehingga sampai dengan sekarang berubah menjadi kampong sungai Riam.

No comments:

Post a Comment

DINAMIKA TAKISUNG & PANTAINYA DARI TAHUN KE TAHUN

Takisung  adalah sebuah  kecamatan  yang ada di Kabupaten  Tanah Laut , Provinsi  Kalimantan Selatan ,  Indonesia . Dari segi administ...